Waspadai Infeksi Saluran Kemih Gejala Batu Ginjal

Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang ditandai dengan anyang-anyangan atau rasa ingin buang air kecil sebaiknya tidak anda sepelekan. ISK dapat disebabkan oleh penyumbatan di saluran kemih / kencing. Penyumbatan tersebut salah satunya bisa disebabkan oleh adanya batu ginjal.

Batu, terutama yang kecil, bisa tidak menimbulkan gejala. Batu di dalam kandung kemih bisa menyebabkan nyeri di perut bagian bawah. Batu yang menyumbat ureter, pelvis renalis maupun tubulus renalis bisa menyebabkan nyeri punggung atau kolik renalis (nyeri kolik yang hebat). Kolik renalis ditandai dengan nyeri hebat yang hilang-timbul, biasanya di daerah antara tulang rusuk dan tulang pinggang, yang menjalar ke perut, daerah kemaluan dan paha sebelah dalam. Gejala lainnya adalah mual dan muntah, perut menggelembung, demam, menggigil dan darah di dalam air kemih. Penderita mungkin menjadi sering berkemih, terutama ketika batu melewati ureter. Batu bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Jika batu menyumbat aliran kemih, bakteri akan terperangkap di dalam air kemih yang terkumpul diatas penyumbatan, sehingga terjadilah infeksi. Jika penyumbatan ini berlangsung lama, air kemih akan mengalir balik ke saluran di dalam ginjal, menyebabkan penekanan yang akan menggelembungkan ginjal (hidronefrosis) dan pada akhirnya bisa terjadi kerusakan ginjal.

Batu yang tidak menimbulkan gejala, mungkin akan diketahui secara tidak sengaja pada pemeriksaan analisa air kemih rutin (urinalisis). Batu yang menyebabkan nyeri biasanya didiagnosis berdasarkan gejala kolik renalis, disertai dengan adanya nyeri tekan di punggung dan selangkangan atau nyeri di daerah kemaluan tanpa penyebab yang jelas. Analisa air kemih mikroskopik bisa menunjukkan adanya darah, nanah atau kristal batu yang kecil. Biasanya tidak perlu dilakukan pemeriksaan lainnya, kecuali jika nyeri menetap lebih dari beberapa jam atau diagnosisnya belum pasti.

Tindakan pencegahan pembentukan batu tergantung kepada komposisi batu yang ditemukan pada penderita. Batu tersebut dianalisa dan dilakukan pengukuran kadar bahan yang bisa menyebabkan terjadinya batu di dalam air kemih. Dan jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat seperti minum banyak air putih dan berolahraga teratur.

Artikel ini hanyalah sebuah tips, untuk lebih jelas silakan menghubungi dokter anda.

Berapa Banyak Kalori Yang Anda Butuhkan

Kalori. Diet menganggap mereka sebagai musuh, bagian dari makanan yang mencegah penurunan berat badan dan deposito sendiri di paha. Makanan daftar paket konten kalori per porsi. Anda dapat melacak asupan kalori Anda dengan perangkat lunak komputer. Kalori informasi yang berlebihan bisa mengubah makan ke permainan angka bukan bagian menyenangkan dari kehidupan sehari-hari. Tapi apa kebenaran tentang kalori? Apakah ada satu ukuran cocok untuk semua membatasi kalori?

Setiap orang membutuhkan kalori
Yang benar adalah semua orang perlu beberapa kalori setiap hari. Kecuali Anda adalah seorang atlet yang sangat terlatih, biaya terbesar kalori harian Anda adalah sesuatu yang disebut Tingkat Metabolisme Istirahat, atau RMR, kalori yang Anda butuhkan hanya ada. Bernapas, detak jantung, metabolisme sel, fungsi ginjal dan bahkan berpikir dan bermimpi kalori digunakan. Sel otot menggunakan kalori bahkan ketika beristirahat. Makan dan mencerna makanan, berdiri, duduk, berbicara dan surfing internet semua membakar kalori melebihi kebutuhan RMR dasar.

Apa kalori?
Kalori adalah istilah untuk isi energi dari makanan. Makanan yang sangat padat energi, seperti minyak mentega atau sayuran. Beberapa telah jauh lebih sedikit, seperti seledri atau mentimun. Ini sedikit seperti membandingkan oktan dalam bensin. Bahan bakar beroktan tinggi akan membuat mobil Anda pergi sedikit lebih jauh untuk setiap galon dibakar. Demikian juga, satu sendok makan minyak canola (yang memiliki sekitar 100 kalori) akan membuat Anda lebih jauh dari satu sendok makan seledri cincang (yang memiliki sekitar 1 kalori). Tidak seperti mobil, manusia tidak memiliki tangki bahan bakar terbatas. Kami memiliki tangki bahan bakar diupgrade disebut sel-sel lemak. Juga tidak seperti mobil, kita bisa jalan sampai menggunakan kalori sehari-hari kita dengan menambahkan aktivitas fisik sehingga tubuh langsing.

Mengukur penggunaan kalori individu
Ini tidak mudah untuk datang dengan angka yang akurat untuk kebutuhan pribadi Anda kalori. Pengukuran akurat dari kebutuhan kalori terbatas untuk penelitian pengaturan. Subjek duduk di ruang tertutup selama berjam-jam, sementara peneliti mengukur jumlah oksigen yang digunakan. Perhitungan berdasarkan pada penggunaan oksigen memberikan jumlah kalori yang dibakar dalam sehari. Prosedur ini tidak praktis untuk digunakan secara luas. Ada persamaan matematika yang mencoba untuk memperkirakan kebutuhan kalori berdasarkan pengukuran tubuh yang sederhana, seperti jenis kelamin, tinggi usia, dan berat badan. Tapi persamaan memiliki keterbatasan. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar off oleh mana saja dari 5% sampai 25% bila digunakan untuk memprediksi kebutuhan kalori dasar seseorang. Jika Anda mencoba untuk merencanakan diet kalori dikurangi, itu tidak membantu jika persamaan overestimates kebutuhan dasar Anda dengan 25%.

Baru-baru ini, perangkat portabel kecil mengukur kalori telah dikembangkan. Beberapa klub kesehatan, kantor kesehatan dan klinik kesehatan menggunakan ini untuk membantu klien merencanakan diet penurunan berat badan. Prosedur ini biasanya melibatkan mengenakan klip hidung dan bernapas melalui mulut ke dalam perangkat kecil genggam selama beberapa menit. Ini adalah konsep yang menarik bagi para pelaku diet, tetapi ada banyak komplikasi. Latihan, kafein, nikotin, alkohol dan makan terlalu cepat sebelum ujian dapat membuang hasil. Selain itu, kecemasan atau gelisah akan menghasilkan hasil palsu tinggi. Jika Anda memutuskan Sukses Mencapai Tubuh Langsing dan Mempertahankannya untuk memiliki pengukuran dilakukan, pastikan untuk hati-hati mengikuti semua petunjuk untuk persiapan pre-test.

Apa nomor Anda?
Jika Anda tidak memiliki akses ke pengukuran metabolik, Anda dapat menggunakan persamaan untuk memperkirakan kalori dasar Anda. Yang paling akurat adalah Mifflin-St. Joer persamaan. Berat harus dikonversi ke kilogram dengan membagi berat dalam pound sebesar 2,2. Tinggi harus diubah ke cm dengan mengalikan 2,54 inci. Plug tinggi dan berat badan ke dalam persamaan dasar:

9,99 X 6,25 X berat badan + tinggi – 4,92 X usia.

Pria kemudian tambahkan 5; wanita kurangi 161.

Total perkiraan adalah kalori Anda per hari untuk beristirahat tingkat metabolisme. Para RMR untuk seorang pria berusia 40 tahun yang memiliki berat £ 190 dan 6’1 “adalah 1800 kalori per hari. Seorang wanita berusia 25 tahun yang 5’6 “dan £ 140 memiliki kebutuhan kalori dasar 1380. Karena persamaan ini tidak sepenuhnya akurat, RMR nyata mungkin sedikit lebih rendah atau lebih tinggi.

Selain kalori RMR, setiap orang membutuhkan kalori tambahan untuk kegiatan sehari-hari dan olahraga. Seseorang perlu menetap kurang dari orang yang aktif.

Bergerak lebih banyak untuk membakar lebih
Aktivitas fisik tidak hanya membakar kalori, tapi membantu Anda membakar kalori ekstra sepanjang hari, bahkan ketika Anda sedang tidak berolahraga. Orang yang aktif memiliki lebih banyak otot daripada orang menetap. Jaringan otot memiliki kebutuhan kalori yang lebih tinggi bahkan pada saat istirahat daripada jaringan lemak. Ini adalah alasan yang sangat baik untuk menyertakan olahraga dalam rutinitas harian Anda.

Karinta – Sumber Inspirasi Para Wanita

Kesimpulan
Di masa depan, ketika teknologi membaik, cepat akurat pengukuran metabolik mungkin bagian dari skala kamar mandi. Sampai saat itu, yang benar, tapi tidak langsung, cara untuk mengetahui asupan kalori Anda adalah untuk memantau berat badan Anda. Jika berat badan anda stabil, Anda makan jumlah kalori yang sama yang Anda bakar. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda harus makan kurang dari jumlah itu atau membakar lebih banyak dengan olahraga.

Cara Bijak Melatih Disiplin Anak

Membimbing anak adalah sesuatu yang perlu dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan sentuhan kasih sayang. Hindarilah mendidik anak dengan menonjolkan kekuasaan orang dewasa, misalnya memarahi atau memukul, karena ini akan mengajari anak untuk melawan. Bagaimana mendidik anak dengan baik, berikut ini caranya, dikutip dari Times of India.

Ajarkan kedisiplinan sejak dini, seperti Mendisiplinkan Anak agar Bangun Pagi

Jika ingin anak mengikuti kemauan Anda

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang tua. Jika ingin membiasakan mereka melakukan sesuatu, Anda harus memberinya contoh. Misalnya, membuang sampah di tempat yang benar, merapikan tempat tidur setelah bangun atau mengunyah makanan tanpa bersuara atau bangun pagi.
Selalu memperlakukan anak sebagai orang dewasa
Mereka juga mencari rasa hormat dan kepentingan dari orang tua. Memberikan pujian karena berhasil menyelesaikan tugas dengan baik, memberi kesempatan memutuskan baju yang akan dibeli, misalnya. Hal itu akan membuat mereka merasa dihargai sebagai anggota keluarga.
Jika anak-anak sulit diatur di tempat umum
Bersabarlah dan mencoba memberi pandangan yang baik pada mereka. Jika mereka masih tidak memperhatikan Anda, ancam dengan hukuman. Namun, ingat untuk tidak menaikkan nada suara Anda atau memukul mereka. Sebab, aksi itu hanya akan membuat mereka tambah nakal. Cara mendisplinkan anak.
Jika anak melakukan kenakalan di depan orang lain.
Jangan berteriak pada mereka. Tunggu sampai Anda kembali ke rumah atau orang lain tersebut menjauh. Kemudian menjelaskan secara tegas bahwa perilaku semacam ini tidak bisa diterima. Ingatkan juga pada mereka bahwa jika mengulangi perilaku ini, Anda akan memberikan hukuman.
Cobalah untuk tidak memarahi
Jika anda ingin marah, sebenarnya itu hanya menunjukkan titik lemah Anda. Anak-anak akan dengan cepat menangkap reaksi Anda, bahkan bisa meniru perbuatan itu. Akan lebih baik, Anda mengarahkan mereka untuk melakukan sesuatu hal yang lebih positif.